Prembule

Menulis dan membaca adalah hak setiap orang. Iya, kan?

— Olivia.

Now Playing : Something by George & Haein

Selasa, 23 April 2019.

Dalam postingan pertama ini, aku akan menyampaikan orientasi dasar “notulaolivia”. Tidak terlalu penting sebenarnya, lebih seperti salam sapaan.

Notulaolivia dan alasan dibalik terciptanya

“Notulaolivia” nyatanya tidak semata-mata muncul instan di pikiranku untuk menjadi nama blog ini. Sebelumnya ada “oliviamendesposisikan”, “monografiolivia” dan nama –nama lain sempat kutulis di catatan kertas sebagai list ide. Dalam KBBI, notula n berarti catatan singat mengenai jalannya persidangan (rapat) serta hal yang dibicarakan dan diputuskan. Notula juga merupakan kata dasar dari kata notulen.

Alasannya mungkin sederhana saja. Aku hanya ingin memindahkan catatan konvensionalku ke sesuatu yang sifatnya digital. Materi kuliah yang selama hampir 2 tahun ini kudapat, lingkungan sekitar, dan kemajuan zaman juga turut menjadi faktor pendorongnya. Banyak orang-orang di kampusku yang bahkan sudah aktif membuat konten berupa video di kanal Youtube, membuat podcast, dan lain-lain. Jujur, ini membuatku merasa menjadi seseorang paling tidak produktif, hehehe. Karena aku terlalu insecure dan miskin pengetahuan dibidang konten video, jadi kuputuskan saja untuk mulai memposting tulisan-tulisanku selama ini.

Berlatih menulis dengan baik juga melatar belakangi notulaolivia. Aku akhir-akhir ini tertarik dengan hal-hal yang berkaitan dengan tulisan. Ejaan, tanda baca, diksi, dan lain-lain.semoga di masa depan nanti aku mampu menulis dengan baik dan benar sesuai kaidah bahasa Indonesia. Hehehe.

Cerita singkat

Sebenarnya, secara tidak sengaja dan tidak langsung aku sudah terbiasa menulis. Hahaha, mungkin terdengar begitu pencitraan bagi beberapa diantara teman-teman yang membaca. Dalam sebuah binder (yang ketika saatku SD biasa disebut file) yang kertasnya warna-warni, aku menulis perihal aku yang selalu disuruh membeli rokok ke warung, kesan-kesanku setelah menonton film Saus Kacang yang dibintangi oleh Bunga Citra Lestari, sedihnya aku yang jarang diajak ayah berlibur, anak laki-laki yang aku taksir di madrasah, dan lain-lain. Mungkin tulisan-tulisanku di zaman dulu ini akan ku posting juga di lain kesempatan, hahaha. Oh ya, selain itu, aku juga sempat membuat beberapa cerita bersambung di web semacam wattpad saat SMP dan SMA yang sialnya membuat diriku sendiri mual saat kembali membacanyaTT.

Isi dari notulaolivia

Sesuai dengan apa yang biasanya kutulis dicatatan kertas, notulaolivia ini juga akan berisikan opini-opiniku mengenai suatu hal, cerita singkat, puisi yang kutulis sendiri maupun puisi karya orang lain yang kusuka, resensi buku, dan lain-lain.

Lain-lain

Semoga dengan adanya notulaolivia, aku secara pribadi bisa mengurangi prasangka buruk terhadap diri sendiri yang selalu saja beranggapan “aku orang paling tidak produktif” walau sebenarnya memang iya. Berlatar belakang ‘kesenangan pribadi’, aku sama sekali tidak mengharapkan perhatian orang lain akan apa yang kutulis di notulaolivia. Namun, jika mungkin memang ada orang yang secara tidak sengaja maupun sengaja membaca tulisan-tulisan di notulaolivia aku tidak mempermasalahkannya. Menulis dan membaca adalah hak setiap orang. Iya, kan?

Perihal gaya bahasa, aku sudah sering mendengar dan memang merasa jika gaya bahasaku formal juga cenderung kaku. Hehehe, tidak masalah, inilah aku dan apa yang kusukai. Biarkanlah Olivia mendemokrasikan dirinya sendiri, ya?

-salam.

Tinggalkan komentar

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai